Wasiat Buat Pelaku PNPM

Sebaik-baik manusia ialah yang paling banyak bermanfaat bagi manusia lain (HR Bukhori-Muslim)

Wasiat Buat Kaum Lemah

Allah berfirman, ”Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu mengubah dirinya sendiri terlebih dahulu,” (QS Ar Ra’du:13)

Penantian yang Penuh Harapan

02 Agustus 2009

      Saat ini Masyarakat Desa Manang sedang menunggu dicairkannya BLM PNPM MP tahap 2 yang besarnya Rp 60 juta, mengingat BLM I oleh masyarakat sudah selesai dilaksanakan dilapangan dan Laporanpun sudah 99% selesai. Namun BLM II tak kunjung tiba, padahal tinggal 3 minggu lagi bulan suci Romadhon akan segera tiba. Sebagaimana ditahun yang sudah-sudah kegiatan fisik di bulan romadhon akan tertunda sampai hari lebaran. Seandainya saat inipun pencairan dilaksanakan maka pelaksanaan kegiatan fisik juga akan tertunda. Ini salah siapa ? KSM, BKM, Faskel atau Korkot .
      Bukan saatnya kita saling menyalahkan, namun perlu adanya koreksi dari berbagai pihak tentang sistem dan prosedural pencairan BLM PNPM yang dirasa oleh masyarakat cukup rumit bila dibanding dengan program-progran lainnya seperti BHBK (Bagi Hasil Bantuan Keuangan) APBD. Masyarakat menilai bahwa pengajuan proposal dan LPJ BHBK lebih simpel, dan efisien serta pencairannyapun langsung 100% walaupun mereka harus mengurus sendiri sampai kabupaten (Binsos, BPKD, dan Bank Jateng), sedang pengajuan proposal dan LPJ BLM PNPM MP tidak simpel, dan tidak efisien serta pencairannya melalui 3 tahap yaitu 30%, 60%, dan 10% sehingga dipandang tidak efisien dari segi waktu, biaya pencairan dan pelaksanaan secara tehnis di lapangan. 
      Harapan masyarakat cuma satu: Sederhanakan Proposal, LPJ dan Prosedur pencairan BLM PNPM MP.


Share

0 komentar:

Posting Komentar